Langsung ke konten utama

20 Kebutuhan-Kebutuhan Psikologis/ Mental (Murray)

20 Pemenuhan Kebutuhan - Kebutuhan
Psikologis & Mental (Murray)

Kebutuhan adalah salah satu aspek psikologis yang menggerakkan mahluk hidup dalam aktivitas-aktivitasnya dan menjadi dasar (alasan) berusaha. Pada dasarnya, manusia bekerja mempunyai tujuan tertentu, yaitu memenuhi kebutuhan. Kebutuhan tidak terlepas dari kehidupan sehari-hari. selama hidup manusia membutuhkan bermacam-macam kebutuhan, seperti makanan, pakaian, perumahan, pendidikan, dan kesehatan. Kebutuhan dipengaruhi oleh kebudayaan, lingkungan, waktu, dan agama. Semakin tinggi tingkat kebudayaan suatu masyarakat, semakin tinggi / banyak pula macam kebutuhan yang harus dipenuhi.
Henry Alexander Murray (13 Mei 1893 - 23 Juni 1988) adalah seorang Amerika psikolog yang mengajar selama lebih dari 30 tahun di Harvard University. Murray mengembangkan teori kepribadian Personology disebut, berdasarkan " kebutuhan "dan" tekan”. Mernurut Murray (1938), kebutuhan adalah suatu konstruk (fiksi atau konsep hipotesis) yang mewakili suatu daya dalam diri seorang individu pada bagian otak, kekuatan yang mengatur persepsi, apersepsi, pemahaman, konasi, dan kegiatan sedemikian rupa untuk mengubah situasi yang ada dan yang tidak memuaskan ke arah tertentu. 
Kebutuhan manusia tidak hanya kebutuhan lahiriyah/fisik seperti makan dan minum, terdapat kebutuhan psikologis/ruhaniah manusia yaitu terdapat 20 need/ kebutuhan psikologis/ ruhaniah/ mental menurut murray :
20 Macam kebutuhan manusia menurut Murray :
1. Need Abasement 
Kebutuhan untuk merendah atau merendahkan diri, menerima celaan atau cercaan orang lain, menerima hukuman bila melakukan kesalahan, menerima kesalahan bila sesuatu tidak berjalan semestinya, merasa tertekan karena tidak mampu mengatasi situasi, sungkan ketika ada orang yang lebih mampu, merasa rendah diri pada orang yang dihormati. 
2. Need Achievement 
Kebutuhan mendapatkan prestasi, memecahkan masalah, mengerjakan tugas secepat dan sebaik mungkin, mencapai tujuan yang sulit, berkinerja sebaik mungkin, meraih keberhasilan, meraih kewibawaan dan penghargaan, menulis novel yang baik.
3. Need Affiliation 
Menjalin hubungan dan bergaul dengan orang lain, memiliki teman-teman, dan bergabung dengan kelompok, kebutuhan untuk berteman, membentuk persahabatan, mencari teman sebanyak mungkin, berbagi pada teman-teman, lebih suka melakukan sesuatu dengan orang lain, membentuk ikatan yang kuat, menulis surat kepada teman-teman.
4. Need COUNTERACTION 
Usaha untuk mengatasi kelemahan, mengatasi kegagalan, melakukan counter. 
5. Need Aggression 
Menyerang pandangan orang lain, mengatakan pada orang lain apa yang dipikirannya, mengkritik orang lain secara terbuka, bercanda memperolok orang lain, mengatakan pada orang lain ketidak setujuannya, membalas dendam atas penghinaan, menyalahkan orang lain jika ada yang salah, membaca berita kekerasan, melukai orang lain, berkelahi, menyerang. 
6. Need Autonomy 
Kebutuhan untuk bebas, tidak bergantung, mencari kemandirian, bersifat independen dan tidak dipengaruhi oleh orang lain, dapat datang dan pergi sesuai keinginan, tidak bergantung dalam mengambil keputusan, menghindari situasi yang konformis, melakukan sesuatu tanpa peduli apa yang akan dipikirkan orang lain, mengkritik pihak-pihak yang punya kekuasaan, menghindari tanggung jawab dan kewajiban.
7. Need Intraception 
Mudah menganalisa motif dan perasaan orang lain, memahami bagaimana orang lain merasakan masalahnya, meletakkan diri seseorang ke tempat lain, menilai orang lain berdasarkan apa yang dipikirkan bukan apa yang dilakukan, menganalisa perilaku dan motif orang lain, memprediksi apa yang akan dilakukan orang lain.
8. Need Deference 
Kebutuhan untuk berbuat seperti apa yang diharapkan oleh orang lain, mendapat sugesti dari orang lain, mencari tahu apa yang dipikirkan orang lain, mengikuti perintah dan melaksanakan sesuai apa yang diharapkan, memuji orang lain, mengatakan pada orang lain bahwa mereka telah melakukan pekerjaan dengan baik, menerima kepemimpinan orang lain, membaca kisah orang besar, mengikuti adat istiadat dan menolak hal yang tidak biasa, membiarkan orang lain mengambil keputusan.
9. Need Dominance 
Kebutuhan untuk mempengaruhi orang lain, mempengaruhi arah suatu kelompok, menguasai orang lain, menjadi pemimpin, mengharapkan penghormatan ketika memimpin, mengharapkan ditunjuk atau dipilih menjadi ketua, membuat keputusan dalam kelompok, menyelesaikan pertengkaran diantara orang-orang, membujuk dan mempengaruhi orang lain agar mengikuti keinginannya, mengarahkan tindakan orang lain, menunjukan orang lain bagaimana seharusnya bekerja, membantah orang lain. 
10. Need Exhibition 
Pamer, menonjolkan diri supaya dilihat oleh orang lain, menjadi pusat perhatian orang lain, mengatakan hal yang lucu dan menunjukan kepintaran, meminta komentar orang lain atas penampilan seseorang, membicarakan prestasi personal, menjadi pusat perhatian, menggunakan kata-kata yang tak dimengerti orang lain.
11. Need Harmavoidance 
Menghindari rasa sakit, cedera fisik, penyakit dan kematian, menghindari bahaya, memperhatikan tanda-tanda bahaya. 
12. Need Infavoidance 
Usaha menghindari kegagalan/ hal-hal yang memalukan, menghindari caci maki, olok-olok, atau sikap acuh tak acuh orang lain, atau untuk menutupi kelemahan. 
13. Need Nurturance 
Kebutuhan untuk memberi perhatian, bantuan, pertolongan, kasih sayang kepada orang lain, suka membantu teman yang mengalami kesulitan, ramah pada orang lain, memaafkan orang lain, melakukan hal kecil bagi orang lain, berbuat baik pada orang lain, simpati pada orang lain yang sedang sakit atau terluka, membuat orang lain percaya diri ketika menghadapi masalah.
14. Need Order 
Mengatur dan sistematis mengatur benda, menjadi bersih, rapi, dan teratur, kebersihan, ketepatan, pengorganisasian dalam segala hal, membuat rencana jangka panjang ketika melakukan perjalanan, menata surat dan file sesuai sistem, menetapkan keteraturan dalam hal waktu makan, memastikan semua hal tertata sehingga dapat berjalan tanpa perubahan.
15. Need Play 
Kebutuhan untuk bermain, rileks, kesenangan, melawak, menghindari hal-hal yang menegangkan.
16. Need Rejection 
Kebutuhan untuk menolak, menolak orang lain/pihak lain, menganggap sepi orang lain (orang lain tidak ada).
17. Need Sentience 
Kebutuhan mencari kesenangan terhadap impresi melalui alat indera.
18. Need Sex 
Kebutuhan yang berkaitan dengan aktivitas seksual, memiliki perhatian yang besar pada lawan jenis, menyenangi aktivitas lawan jenis, menarik perhatian dari lawan jenis, mendiskusikan sesuatu yang berkaitan dengan seksual.
19. Need Succorance 
Keinginan untuk memperoleh bantuan, dicintai, dilindungi, dimanjakan, diarahkan, dimaafkan, ditolong dan mendapat simpati, mudah mengharapkan bantuan dari orang lain ketika menghadapi masalah, menerima perhatian dan pengertian dari orang lain, membuat orang lain menyesal jika ada yang sakit.
20. Need Understanding 
Kebutuhan untuk mengerti, motif untuk menganalisis pengalaman, memilah konsep, menemukan hubungan satu dengan yang lain. 


Komentar

Postingan populer dari blog ini

7 Jenis dan 3 Bagian CINTA - Psikolog Sternberg

Termasuk  jenis CINTA yg mana Hubungan Kita? Arti, faktor, bagian  Dan jenis CINTA Cinta ada di mana-mana.  Seperti,  Mr. Commitment , akhirnya mengambil keputusan terpenting dalam hidupnya; Dia menikah pada hari Minggu, 16 Januari yang lalu. Sementara,  Ms. Lovely , baru-baru ini memperkenalkan seorang teman pria, yang sudah ia kenal cukup lama, sebagai kekasihnya. Hari Kasih Sayang sudah dekat. Jadi untuk anda yang sedang kasmaran, atau sedang mencari cinta, yang sedang kepenuhan cinta… ataupun sedang patah hati. Baron dan byrne (2004) mendefinisikan cinta sebagai sebuah kombinasi emosi,kognisi,dan perilaku yang ada dalam sebuah hubungan intim.kajian psikologi tenetang fenomena cinta dapat dibahas melalui kajian psikologi social,khususnya dalam bidang-bidang kajian psikologi social yang terkait dengan hubungan interpersonal.psikologi hubungan interpersonal adalah bagian psikologi social yang mempelajari tenteng aspek-aspek perilaku dan kejiwaan yang terkait dengan fenom

PORAK 2017 MTS AL-ISLAM BANDUNG

Lomba  Cerdas Cermat
BAB VII BK - PILIHAN MASA DEPANKU?? BAB VII PILIHAN MASA DEPANKU - MATERI KLASIKAL BK MTS AL-ISLAM KELAS 9

Apa adanya Sahabat, Aku Bangun Saat Aku Peduli